BANYUWANGI – Puluhan karyawan Rumah Sakit Al Huda (RSAH) Genteng Banyuwangi mengikuti ESQ bertajuk `Vaksin Hati` Jum’at (11/2/2022). Acara yang dilaksanakan di auditorium RS Al Huda ini dipandu secara online oleh trainer sarat pengalaman Coach Yendra yang mengangkat tema `Meningkatkan Customer Experience di Masa Pandemi`.
ESQ kali ini khusus diperuntukkan tenaga kesehatan (Nakes) seluruh Indonesia yang telah dan sedang berjuang setulus hati melayani masyarakat terdampak Covid-19. Dalam paparannya. Yendra menyampaikan, untuk dapat memberikan pelayanan terbaik di masa pandemi, diperlukannya asupan energi baik dalam bentuk fisik, mental, dan hati. Secara fisik, kata dia, nakes telah mendapatkan vaksin Covid-19, namun secara mental dan hati nakes membutuhkan vaksin hati.
“Alhamdulillah, hari ini diberi kesempatan untuk bisa ikut training ESQ. Akhirnya bisa belajar memasuki gelombang alfa yang mana kita nanti bisa merasakan bagaimana bisa lebih sehat, lebih semangat, dan lebih bahagia,” ujar Yusron Habibi, SH, peserta ESQ Vaksin Hati sekaligus Kepala Urusan Kerohanian RS Al Huda Genteng Banyuwangi.
Yusron menambahkan, dengan kesempatan ini saya lebih banyak belajar tentang apa itu menata hati lebih baik di RS Al Huda. “Bagaimana kita menjaga hati dan untuk bersikap. Bagaimana itu konsep tentang kata fokus dan kerja. Semoga kita semua lebih baik lagi untuk membangun RS Al Huda,” ujarnya
Menurut Direktur RS Al Huda dr. Indiati, MMRS, motivasi spiritual menjadi pondasi dalam melayani pasien. Apapun yang dijalani merupakan ketetapan dari Allah SWT. “Memberikan kinerja terbaik dengan melayani setulus hati sehingga bermanfaat dan memuaskan pasien adalah salah satu amal kita kepada Allah SWT,” ujarnya
Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Coach Yendra yang berhasil memandu para peserta mengarungi sebuah pengalaman emosi dan spiritual yang diharapkan akan meningkatkan cara pandang karyawan terhadap pekerjaannya. Harapannya, bisa mencapai performa tertinggi dalam melayani masyarakat di tengah pandemi Covid-19.
“Kegiatan ini merupakan upaya RS Al Huda dalam mengimplementasikan salah satu misi rumah sakit yang juga menjadi cita-cita founding father RS Al Huda almarhum dr. H. Musytahar Umar Thalib, dalam membangun budaya pelayanan yang sempurna dalam penampilan, handal, tanggap, peka, dan tulus. bac