Gambiran- Selain layanan kesehatan rawat jalan dan rawat inap, RSAH juga memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui Program Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) kepada masyarakat baik di lingkungan RSAH maupun di Instansi-Intansi. Seperti beberapa waktu yang lalu, RSAH bekerjasama dengan PT. ADONAI PIALANG ASURANSI , dalam pelaksanaan Program pemeriksaan gratis bagi peserta asuransi pensiunan nasabah Bank Swasta di Banyuwangi yang dirangkai dengan acara Health Talk.
Dalam kegiatan yang dipandu dr. Suryadinata manajer pelayanan medis RSAH, banyak dikupas tentang Diabetes dan Hipertensi. “Bagi mereka yang berusia lebih dari 40 tahun perlu waspada karena sangat beresiko terkena Diabetes dan Hipertensi. Gaya hidup sehat, rajin berolah raga dan selalu check kesehatan rutin dapat mengurangi resiko tersebut.” bebernya
Dr Surya juga menyampaikan, “Pelayanan kesehatan bagi peserta asuransi dapat diakses dengan mudah di RS Al Huda Genteng. Sedikitnya ada 158 asuransi kesehatan serta perusahaan kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri yang sudah bekerjasama dengan RS Al Huda khususnya dalam hal pelayanan kesehatan. Hal tersebut sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta asuransi” ujarnya.
“Asuransi BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Jasa Raharja merupakan asuransi bentukan pemerintah. Dan untuk Asuransi swasta seperti In Health Indemnity, BNI life, Prudential, Asuransi Sinarmas, Asuransi Aviva, Asuransi Manulife, Asuransi Lippo, dan yang terbaru yaitu Prima Sarana Jasa, NTT Data, Aplikanusa Lintas arta dan Adonai manajemen Kesehatan adalah beberapa asuransi yang sudah bekerjasama dengan RSAH.
Bahkan diantara asuransi tersebut ada beberapa yang menjalin Coordination Of Benefit (COB) dimana BPJS dan asuransi swasta dapat saling berbagi manfaat dalam pelaksanaan perlindungan asuransi kesehatan masyarakat” imbuhnya.
Sementara itu pihak ADONAI melalui Bapak Yayat Supriatno, Spv operasional dan kerjasama provider menyampaikan kesehatan merupakan harta yang paling bernilai melebihi segalanya. Maka sudah selayaknya dalam era yang serba modern seperti sekarang ini setiap orang dapat terlindungi oleh asuransi.
Dengan asuransi, kata dia, pasien akan dapat dengan mudah melakukan pengobatan baik rawat jalan maupun rawat inap tanpa harus membayar terlebih dahulu. “Menjadi tanggung jawab Rumah Sakit untuk menagihkan atas biaya pelayanan kesehatan bagi peserta asuransi tersebut, Serta terkait dengan program kerjasama pemeriksaan kesehatan gratis yang telah dilakukan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat. jelasnya
Ditempat terpisah dr. Indiati, MMRS Direktur RS Al Huda menjelaskan, secara umum prosedur penerimaan pasien asuransi di RS Al Huda sangat mudah sekali, dimana peserta/ pasien yang akan berobat cukup menunjukkan kartu kepesertaan asuransi kepada petugas pendaftaran. “Tentunya kartu kepesertaan tersebut masih berlaku dan asuransi yang digunakan sudah bekerjasama dengan RS Al Huda” katanya.
Untuk informasi lebih lanjut tentang pelayanan kesehatan peserta asuransi dapat menghubungi bagian informasi RS Al Huda di nomor telepon(0333) 842034 Ext : 322 (rsah)