BANYUWANGI – Rumah Sakit Al Huda (RSAH) kembali menjalani survei akreditasi yang dilakukan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) selama 3 hari mulai tanggal 5 – 7 Oktober 2022. Kesiapan RS Al Huda untuk dinilai tim surveior merupakan bukti bahwa RS Al Huda komitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan berfokus pada keselamatan pasien. Hal ini disampaikan dr. Indiati, MMRS, Direktur RS Al Huda.
Indiati menambahkan, dengan melakukan akreditasi, maka tata kelola rumah sakit dan tata kelola klinis yang baik akan tercapai. Akreditasi juga sebagai bentuk pelaksanaan program pembangunan kesehatan nasional.
“Alhamdulillah pelaksanaan survei selama tiga hari berjalan lancar tanpa kendala berarti. Pada hari pertama pelaksanaan survei dilakukan secara daring. Surveior melakukan telaah dokumen baik regulasi maupun bukti implementasi kegiatan rumah sakit yang telah di-upload di sistem,” ujarnya.
Selanjutnya dilakukan wawancara pimpinan dan staf rumah sakit terkait tanggung jawab, komitmen dan langkah-langkah apa yang telah dilakukan dalam upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Sedangkan hari kedua dan ketiga dilakukan telusur lapangan untuk membuktikan dan memastikan secara langsung aplikasi, implementasi atau pelaksanaan dari regulasi yang telah ditetapkan oleh rumah sakit.
“Kesemuanya itu harus sesuai dengan standar dan prosedur yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan dilaksanakan oleh semua staf mulai dari pimpinan sampai pelaksana,” tegasnya.
Dijelaskan, survei akreditasi kali ini merupakan survei untuk kesekian kalinya, bahkan sebelum pandemi setiap tahun RS Al Huda selalu dilakukan re-survei akreditasi oleh KARS. “Hal ini merupakan salah satu upaya peningkatan mutu berkelanjutan yang terus dilakukan oleh RS Al Huda,” tegasnya.
Masih menurut Indiati, peningkatan mutu internal yang telah dilakukan secara mandiri oleh RS Al Huda perlu dilakukan benchmarking atau pembanding yaitu melakukan peningkatan mutu eksternal dengan melakukan akreditasi.
“Kami bersyukur, surveior memberikan apresiasi yang sangat mendalam. Surveior terkesan akan kekompakan dan komitmen seluruh civitas RS Al Huda dalam upaya memberikan pelayanan yang paripurna kepada pasien dan keluarga, karyawan, masyarakat,” ujarnya.
Tidak hanya tiu saja, keindahan taman sekitar rumah sakit juga mendapatkan apresiasi. Ini sekaligus meyakinkan RS Al Huda menjadi RS Green Hospital. (hud).